Trik Dan Tips Fotografi Landscape Untuk Pemula

Terkadang walaupun kita sudah mempunyai kamera DSLR, kita merasa hasil jepretannya tetap saja seperti kurang srek di hati karena warnanya yang kurang tajam, atau pun kita merasa hasil jepretan kita biasa-biasa saja, nah bagi para pecinta foto pemula memang cenderung  mengandalkan settingan automatis  (di kamera canon mode A) dari kamera sehingga hasil jepretannya cenderung biasa saja. Memang untuk menghasilkan foto yang lebih dramatis, kita setidaknya harus sedikit menguasai editing atau pengeditan, tapi bukan berarti foto yang tanpa proses editing hasilnya tidak dramatis, selama kita pandai menyetting kameranya.


Okey,  membuat gambar/foto Landscape atau bahasa kitanya foto pemandangan, yang rata-rata foto pemandangan itu didominasi oleh warna hijau tumbuhan dan warna biru langit, memang foto landscape seperti ini bagi photographer professional mungkin hal yang membosankan tapi bagi orang yang baru saja memasuki dunia fotografi atau dunia perfotoan entah itu sebagai pekerjaan atau hobi justru membuat foto landscape semacam ini menjadi target upgrade skill, dalam artian orang biasanya akan senang ketika dia bisa membuat foto landscape dengan warna dominan hijau dan biru langit yang tajam.

  • Pertama, yang harus dipersiapkan tentu saja kamera DSLR yang sudah anda punyai, boleh menggunakan tripod atau pun tidak, karena kita akan men-shoot landscape pada siang hari jadi tidak menggunakan tripod pun tidak masalah, supaya anda bisa mengarahkan angle kamera ke berbagai arah dengan fleksibel dan hasil foto landscape yang bervariasi.
  • Kedua, set kamera anda disettingan Av (untuk canon) atau Aperture Priority, (lihat gambar) Aperture priority ini memprioritaskan bukaan (Aperture) atau dalam kamera sering ditulis dengan tanda (F) biasanya tanda ini berada dibarisan paling atas di LCD kamera anda sejajar dengan Shutter Speed dan ISO, mengambil foto landscape pada siang hari tentu tidak serumit anda mengambil foto landscape pada malam hari atau istilahnya nightshoot.

Trik Dan Tips Fotografi Landscape Untuk Pemula
Settingan di Av


  • Ketiga, Atur Aperturenya atau bukaannya (yang biasa menggunakan tanda F) antara F9 sampai F12, contoh saya akan mangatur Aperture atau bukaan saya di F11, ini dimaksudkan supaya foto yang anda ambil tajam merata disemua bagian, atau dalam Bahasa fotografinya Depth of field (DOF) nya luas. karena semakin besar angka Aperture maka bukaan lensanya akan semakin kecil sehingga Depth of field nya semakin luas, dan sebaliknya semakin kecil angka Aperture maka bukaan lensa akan semakin besar, sehingga Depth of field nya semakin sempit (biasanya memotret dengan bukaan lensa besar/angka aperture kecil dilakukan untuk membuat foto bokeh/backgroundnya blur).

Trik Dan Tips Fotografi Landscape Untuk Pemula
Set Aperture diantara F9 sampai F12








  • Keempat, sebaiknya Set ISO anda di 100, untuk mengurangi noise pada foto hasil jepretan, tapi kondisional tergantung kondisi saat anda akan memotret, jika cahaya disekitar anda kurang, katakanlah cuacanya sedang mendung maka lebih baik set ISO anda di AUTO, tapi jika cuaca saat anda memotret cerah maka lebih baik set ISO anda di 100.
  • Kelima, dilayar LCD kamera anda pilihlah menu IMAGE EFFECT atau PICTURE STYLE yang biasanya di tandai dengan lambang L , N, P, M, A atau S. huruf tersebut mempunyai arti L = landscape, N = neutral, P = portrait, M = monochrome, A = auto, S = standard.

Trik Dan Tips Fotografi Landscape Untuk Pemula
Pilih menu Picture style
Trik Dan Tips Fotografi Landscape Untuk Pemula
pilih menu L tekan tombol INFO
Maka pilihlah L sebelum menekan tombol set tekanlah tombol INFO yang biasanya berada di sisi kanan atas dekat tombol MENU atau dekat power ON/OFF pada kamera anda, setelah menekan tombol INFO maka akan ada tampilan seperti dibawah ini
Trik Dan Tips Fotografi Landscape Untuk Pemula
Saturation default
Trik Dan Tips Fotografi Landscape Untuk Pemula
geser dua point ke kanan

Setelah itu kembali ke menu awal dan tekan tombol SET.





  • keenam, set white balance correction anda, perhatikan dan ikuti  gambar d bawah ini
  • Trik Dan Tips Fotografi Landscape Untuk Pemula
    white balance

    Trik Dan Tips Fotografi Landscape Untuk Pemula
    setting white balance correction
    nah, setelah semua settingan selesai anda persiapkan, maka waktunya anda membidik objek/pemandangan yang akan anda foto, dan ini hasil jepretan saya 
    Trik Dan Tips Fotografi Landscape Untuk Pemula
    mesjid atta'awun bogor







Lumayan lah untuk yang masih pemula, hehehehe....πŸ˜†πŸ˜†πŸ˜†πŸ˜†πŸ˜†πŸ˜†πŸ˜†Ingat faktor cahaya disekitar anda sangat mempengaruhi hasil jepretan anda, untuk itu bermainlah dengan ISO (menaikan atau menurunkan ISO atau bisa anda set ke ISO AUTO) ketika hasil jepretan anda dirasa kurang pas. lihat juga tips membuat foto blur/bokeh.   Selamat mencoba,,πŸ˜‰πŸ˜‰πŸ˜‰πŸ˜‰πŸ˜‰πŸ˜‰πŸ˜‰




Contact Form

Name

Email *

Message *

Featured Post

Mendapatkan penghasilan dengan menjual foto secara online

Mendapatkan penghasilan dari internet dapat dilakukan dengan berbagai cara, dari yang mudah dan bisa dilakukan oleh siapapun, sampai yang m...