Tips Memotret Di Malam Hari Dengan Dslr (Night Shoot Photography)

Cara Memotret Di Malam Hari Dengan Dslr (Night Shoot Photography)
Hasil "Night shoot Photography"
Salah satu kelebihan kamera dslr adalah bisa memotret/menangkap gambar dengan baik walaupun dalam keadaan minim cahaya/pada malam hari, tapi tentu saja harus menggunakan trik-triknya. Nah kali ini saya akan mencoba membahas tips dan trik night shoot photography sesuai pengalaman saya. Mungkin bagi anda yang mempunyai kamera dslr tentu tidak asing dengan night shoot photography ini, tapi bagi sebagian orang mungkin masih asing, terutama bagi mereka-mereka yang baru saja masuk dan mempelajari  dunia fotografi, pernahkah anda membayangkan bagaimana cara membuat foto seperti diatas ini, atau sebuah foto berlatarkan malam dengan pemandangan kelap-kelip lampu kota.

Nah, ada dua jenis night shoot photography, yang pertama night shoot berjenis portrait, ini lebih ke pemotretan menggunakan model dengan salah satu konsepnya adalah menggunakan konsep foto bokeh, yakni untuk mendapatkan kerlap-kerlip lampu malam sebagai background si modelnya, yang tentu saja backgroundnya di “blur”kan, supaya mendapatkan gambar yang dramatis dan fokus pada si model, pemotretan jenis ini tentu saja harus menggunakan flash/lighting yang cukup karena objek harus terlihat jelas dan focus. Jenis night shoot ini tidak akan dulu saya bahas.

Yang akan sedikit saya coba bahas yaitu night shoot jenis kedua, yaitu night shoot berjenis pemandangan, dengan kerlap-kerlip lampu kotanya, night shoot jenis ini bisa disebut juga Long exposure photography (fotografi dengan eksposure/pencahayaan yang lama) disebut juga fotografi dengan shutter speed yang sangat lambat.

Oke, tips yang pertama, bawalah perlengkapan yang dibutuhkan, seperti tas kamera, tripod, remot kamera(kalau ada).  paling utama dan penting adalah Tripod, karena night shoot harus menggunakan tripod untuk menghasilkan gambar pemandangan malam yang tajam dan indah, tidak mungkin mengambil gambar menggunakan tangan langsung karena tentu gambar akan shake dan tidak fokus.


Cara Memotret Di Malam Hari Dengan Dslr (Night Shoot Photography)
Perlengkapan(tas kamera, tripod, remote, flash)

Kedua, setelah mendapatkan spot yang bagus, segera setting tripod dan arahkan kamera anda pada spot yang ingin anda foto, settinglah bukaan/aperture nya dibukaan kecil antara F9-F14, biasanya saya menggunakan F11, ini dimaksudkan agar hasil gambar/fotonya focus disemua bagian foto, set ISO nya di 100, untuk memudahkan dan mengefektifkan waktu saya sarankan anda menggunakan Av(aperture priority) mode, jadi anda tinggal menyetting ISO dan bukaan saja tanpa harus ribet menyetting yang lain.


Ketiga, gunakanlah remote kamera untuk mengeksekusinya, ini di maksudkan untuk mengurangi guncangan saat anda memegang/menekan tombol shutter, kamera akan bekerja selama 30 detik untuk menangkap gambar oleh karena itu anda harus meminimalisir guncangan-guncangan yang mungkin akan terjadi pada kamera saat mengambil gambar, contoh jika kamera anda menggunakan strap maka ada baiknya lilitkan strap tersebut ke tripod untuk mengurangi guncangan ketika strap bergoyang/bergerak, karena guncangan yang sangat kecil pun dapat mempengaruhi hasil jepretan. Jika tidak ada remote gunakanlah self timer.

Cara Memotret Di Malam Hari Dengan Dslr (Night Shoot Photography)
Hasil akhir pengambilan gambar
Jangan puas pada satu kali hasil, cobalah berkali-kali dengan angle yang berbeda dan settingan yang berbeda, beranilah ber-eksperiment dengan kamera anda, karena fotografi adalah tentang berlatih/mencoba secara continue, jika anda mencoba dan berlatih secara terus menerus maka anda akan mendapat settingan yang pas sesuai feeling anda. Semakin sering anda memotret semakin terasah pula skill anda.


Selamat mencoba dan berlatih!!








Contact Form

Name

Email *

Message *

Featured Post

Mendapatkan penghasilan dengan menjual foto secara online

Mendapatkan penghasilan dari internet dapat dilakukan dengan berbagai cara, dari yang mudah dan bisa dilakukan oleh siapapun, sampai yang m...