Tips Membuat Foto Blur/Bokeh

Tips Membuat Foto Blur/Bokeh
salah satu contoh foto bokeh
Dalam dunia fotografi ada istilah foto Bokeh atau Bahasa kitanya foto yang backgroundnya blur/tidak fokus, BOKEH sendiri berasal dari Bahasa jepang “BOKE” yang berarti menjadi kabur/tidak fokus, Membuat foto bokeh/blur menjadi gaya tersendiri dan sesuatu yang tidak akan terhindarkan dalam dunia fotografi, bokeh/blur ini menjadikan DOF (depth of field) atau ketajaman/fokus pada foto menjadi sempit, ini dikarenakan jarak dari objek ke background yang jauh dan aperture/bukaan kamera yang besar, jadi sensor kamera akan terfokus pada objek saja.



Membuat foto bokeh memang idealnya menggunakan lensa tele seperti lensa 70-200mm, 70-300mm dan lensa yang mempunyai focal length yang lebih panjang dari lensa tersebut. Juga membuat foto bokeh bisa juga menggunakan lensa fix/lensa prime, jika anda punya lensa prime maka sangat mudah bagi anda untuk membuat foto bokeh ini, contoh lensa fix 50mm f1.8 adalah lensa fix termurah dengan kualitas gambar yang top, karena mempunyai bukaan yang sangat lebar yakni f1.8 membuat lensa ini cocok untuk membuat foto bokeh, entah itu foto makro atau foto model  yang berkonsep bokeh.
Bagi anda para pemula tak perlu khawatir, untuk membuat foto bokeh anda tidak harus membeli lensa yang mempunyai focal length panjang yang rata-rata berharga lumayan tinggi, cukup gunakan gear yang sudah anda punyai, membuat background foto menjadi blur/bokeh tidak serumit yang dibayangkan, dengan kamera yang anda punya saat ini maka anda bisa membuatnya, untuk membuat sebuah foto bokeh/blur maka Pertama, tempatkan objek yang akan difoto berada cukup jauh dari backgroundnya,  semakin jauh jarak objek dengan background semakin blur pula gambar yang dihasilkan perhatikan gambar  
Tips Membuat Foto Blur/Bokeh
foto dengan background dekat(kurang blur)





 
Tips Membuat Foto Blur/Bokeh
foto dengan background jauh (nampak blur)

Yang Kedua, gunakan focal length maksimum dari lensa yang dipakai, jika anda menggunakan lensa kit bawaan dari kamera yang anda beli, misalkan anda menggunakan lensa kit 18-55 mm, nah dengan lensa ini pun cukup untuk membuat foto menjadi blur, bagaimana? Cukup zoom lensa anda sampai di fokal maksimum yaitu 55mm.
Ketiga, untuk mempermudah gunakanlah settingan Av(aperture priority) dan settinglah di bukaan/aperture besar (bukaan besar = aperture/F nomornya kecil, contoh F1.8, F2, F3,5, F4. dll) dari lensa, ingat ya semakin besar bukaan lensa maka hasil blurnya akan semakin lembut dan halus.


Keempat, gunakan Auto Focus Manual selection, tempatkan titik focus di tengah-tengah objek yang akan difoto, jangan lupa jauhkan objek yang akan difoto dari backgroundnya ini dimaksudkan untuk mendapat hasil bokeh yang maksimal.



Tips Membuat Foto Blur/Bokeh
Tempatkan titik fokus ditengah-tengah objek

Selain membuat background menjadi blur, Menggunakan bukaan besar juga membuat foreground(bagian depan dari objek) juga bisa nampak blur, hal ini dikarenakan kamera difokuskan pada objek yang ingin kita foto saja.

Tips Membuat Foto Blur/Bokeh
gambar foregroung(dilingkari merah) nampak blur


Membuat foreground nampak blur memberikan efek yang sangat indah untuk foto, foto dengan konsep seperti ini sudah banyak dipraktekan oleh fotografer-fotografer profesional.
mungkin itu saja pembahasan kali ini, selamat mencoba, jangan lupa baca juga baca juga tips dan trik lainnya.


Contact Form

Name

Email *

Message *

Featured Post

Mendapatkan penghasilan dengan menjual foto secara online

Mendapatkan penghasilan dari internet dapat dilakukan dengan berbagai cara, dari yang mudah dan bisa dilakukan oleh siapapun, sampai yang m...