Memahami Aperture dan Depth Of Field

Jika sobat baru saja membeli sebuah kamera dan baru mengenal/dalam tahap belajar dalam hal memotret maka mungkin akan banyak bahasa atau istilah yang masih asing ditelinga sobat. nah salah satu elemen penting dalam dunia fotografi yang mungkin asing bagi sobat semua yang tidak bisa dilewatkan begitu saja adalah Aperture. 

apa itu Aperture??pengertian Aperture menurut wikipedia adalah lubang atau celah tempat masuknya cahaya pada kamera. jadi, Aperture atau disebut juga diafragma ada juga yang menyebutnya bukaan lensa adalah alat pengatur cahaya yang menentukan seberapa besar/banyak cahaya yang dapat masuk pada lensa kamera.

Aperture/diafragma dalam kamera dinyatakan dengan f/angka, contoh f/1.8, f/2.8, f/4, f/5.3 dan lain-lain.perhatikan gambar
Memahami Aperture
Bukaan pada lensa kamera

dari gambar diatas bisa disimpulkan bahwa, semakin kecil angka dibelakang f, maka semakin besar bukaan/diafragma lensa terbuka dan sebaliknya semakin besar angka dibelakang f, maka semakin kecil pula bukaan /diafragma lensa terbuka.


Apa kegunaan dari Aperture/bukaan/diafragma?

kegunaan Aperture/bukaan ini adalah untuk menentukan Depth Of Field (DOF), DOF adalah daerah fokus yang terdapat dalam foto, DOF lebar berarti semua bagian yang ada dalam foto fokus/tidak blur sedangkan DOF sempit berarti gambar/foto hanya fokus pada bagian tertentu saja yang dikehendaki oleh sang fotografer.

Nah untuk menentukan DOF sempit atau lebar dalam sebuah foto maka settingan yang harus dirubah adalah Aperture/bukaan. Bagaimana caranya?

jika sobat menginginkan foto fokus disemua bagian maka gunakanlah bukaan kecil, ingat (bukaan kecil = angka f nya besar)
contoh gunakan f/11, f/12, f/13, f/15. foto seperti ini biasanya si fotografer menginginkan background dan objek fotonya sama-sama jelas/tajam. perhatikan gambar!
Memahami Aperture
Depth of field sesuai settingan bukaan/aperture kamera


sedangkan jika sobat menginginkan foto hanya fokus pada objek foto saja, maka gunakanlah bukaan besar, ingat (bukaan besar = angka f nya kecil) contoh gunakan f/1.8, f/2, f/3.5, f/4. foto seperti ini biasanya si fotografer menginginkan foto dengan background blur/bokeh.perhatikan gambar!

Dan inilah hasilnya☺☺☺☺☺


Memahami Aperture dan Depth Of Field
f/4  1/250 ISO 100 (menggunakan bukaan f/4 atau bukaan besar)

Memahami Aperture dan Depth Of Field
f/16   1/15 ISO 100 (menggunakan bukaan f/16 atau bukaan kecil)

baca memahami shutter speed

Contact Form

Name

Email *

Message *

Featured Post

Mendapatkan penghasilan dengan menjual foto secara online

Mendapatkan penghasilan dari internet dapat dilakukan dengan berbagai cara, dari yang mudah dan bisa dilakukan oleh siapapun, sampai yang m...