Tips membuat foto benda melayang diatas tangan tanpa edit

Tips membuat foto benda melayang diatas tangan tanpa edit
Floating

Teknik floating adalah teknik yang memanfaatkan kecepatan shutter speed yang membuat benda seolah-olah melayang, Untuk membuat foto benda melayang atau floating tanpa edit memang dibutuhkan sedikit usaha, karena untuk membuat foto benda melayang dengan timing yang pas tidaklah mudah, apalagi jika dilakukan sendirian. 


Dibutuhkan beberapa kali percobaan sampai mendapat hasil yang diinginkan, Berikut tipsnya.

Pertama, untuk membuat foto dengan benda melayang diatas tangan (seperti gambar), jika dilakukan sendirian maka dibutuhkan tripod dan benda yang ingin dijadikan objek melayangnya, kemudian dibutuhkan kesabaran hehe.... karena sekali lagi untuk membuat foto benda melayang seperti pada gambar disamping lumayan sulit jika dilakukan sendiri, nah apabila tidak ada pilihan dan harus dilakukan sendiri maka siap-siap untuk terus mencoba dan mengulangnya lagi sehingga mendapat foto yang timingnya pas, komposisi gambar pas dan enak dilihat.

Kemudian, fokuskan terlebih dahulu kamera ke objek. kemudian ubah fokus lensa ke Manual Fokus Mode(MF), inti dari teknik benda melayang/floating ini adalah membekukan(freeze) gerakan, jadi ketika kita melemparkan benda secara perlahan ke atas, nah saat itulah kamera harus mem-freeze gerakan kita seolah-olah benda melayang diatas tangan kita. oleh karena itu satu-satunya cara adalah dengan menaikan shutter speed/gunakan shutter speed tinggi contoh 1/800 atau 1/1000, gunakanlah bukaan sedang f/4 sampai f/8, kemudian jika tidak menggunakan flash alangkah baiknya set ISO di Auto, tapi jika menggunakan flash set ISO di 100.

Karena dilakukan sendirian maka gunakanlah timer (10 detik), kenapa 10 detik? karena supaya bisa persiapan terlebih dahulu juga tidak terlalu terburu-buru. lakukan diruangan terbuka/outdoor, bisa halaman rumah atau lapangan, ini bertujuan untuk memaksimalkan pencahayaan.
Tips membuat foto benda melayang diatas tangan tanpa edit
Pada percobaan pertama gagal, karena benda yang dijadikan objek
sama sekali tidak melayang 
Pada percobaan kedua gagal, karena
benda yang dijadikan objek melayang terlalu tinggi

Teknik floating ini memerlukan timing yang pas untuk membuat hasil gambar yang bagus dan natural. Percobaan pertama mungkin gagal, tapi jangan menyerah terus coba lagi dan lagi, foto bisa menggunakan settingan monochrome(hitam putih) atau biasa. Coba terus sampai sobat menemukan foto yang menurut sobat pas 


Selamat mencoba!!


Baca juga Cara meng-Update firmware kamera DSLR

Contact Form

Name

Email *

Message *

Featured Post

Mendapatkan penghasilan dengan menjual foto secara online

Mendapatkan penghasilan dari internet dapat dilakukan dengan berbagai cara, dari yang mudah dan bisa dilakukan oleh siapapun, sampai yang m...