Tips membuat "Smoke photography"

Berbicara masalah fotografi adalah berbicara juga tentang kreatifitas, karena fotografi dan kreatifitas adalah satu paket yang tidak dapat dipisahkan, fotografi plus kreatifitas sama dengan Art/seni. Maka kemampuan mengoperasikan kamera saja belum cukup tanpa diiringi oleh daya kreatifitas yang tinggi, para master dan profesional fotografer selalu menyarankan untuk rajin berlatih "Semakin sering kamu memotret maka semakin terasah skillmu" skill disini bukan hanya skill dalam mengoperasikan kamera saja tapi juga daya kreatifitas yang semakin terasah.
Tips membuat "Smoke photography"
Smoke photography
Smoke photography adalah salah satu bentuk kreatifitas dalam dunia fotografi yang bisa di implementasikan dalam berbagai macam bentuk foto. kita berbicara membuat smoke photography yang sederhana saja yang saya yakin siapa saja bisa membuatnya asal ada niat.

Oke pertama sobat harus menyiapkan bahan-bahannya terlebih dahulu(kaya mau bikin masakan ya hehe...), yang pertama background hitam bisa dengan karton hitam, kedua lilin atau apa saja yang bisa menimbulkan asap, kemudian korek dan terakhir flash.

Lakukan ditempat gelap, kamar atau gudang. Caranya buat karton tadi sebagai background atau latar dari foto, supaya lebih mudah tempelkan karton di dinding menggunakan selotip atau lakban
Tips membuat "Smoke photography"

Tips membuat "Smoke photography"
Lakukan beberapa kali percobaan untuk menemukan gambar/momen yang pas
kemudian pasang lilin tadi tepat didepan karton tapi jangan terlalu dekat nanti terbakar, selanjutnya posisi kamera harus sejajar denga karton dan lilin, zoom dan fokuskan kamera ke lilin, next siapkan eksternal flash jika tidak ada flash pake lampu buat belajar juga bisa.

Langkah terakhir nyalakan lilin, ketika semua peralatan sudah siap matikan lilin nah disini moment yang harus ditangkap oleh kamera, karena asap yang jadi objek disini. jika dilakukan sendiri memang lumayan ribet tapi sobat bisa menggunakan timer supaya tidak bolak balik, sobat bisa menggunakan bukaan sedang f/4 sampai f/8 dengan shutter speed bisa di 1/100 dan ISO100, tempatkan flash disamping lilin agak jauh. bisa menggunakan settingan monochrome atau pun tidak pilih sesuai selera.
Tips membuat "Smoke photography"
Settingan tempat untuk smoke photography
Jika bingung bisa lihat bagan diatas, posisi kamera kotak merah, kemudian dinding penghalang supaya cahaya lampu/flash tidak sampai ke background, kemudian objek/lilin ditempatkan ditengah.

Ambil beberapa shot supaya bisa memilih mana foto yang terbaik. karena untuk menangkap momen yang bagus/tepat itu tidak bisa dengan satu atau dua shot saja     

Selamat mencoba

Contact Form

Name

Email *

Message *