Mendapatkan penghasilan dengan menjual foto secara online

Mendapatkan penghasilan dari internet dapat dilakukan dengan berbagai cara, dari yang mudah dan bisa dilakukan oleh siapapun, sampai yang memerlukan keahlian/ilmu khusus dengan kesulitan yang tinggi.


Mendapatkan penghasilan dengan menjual foto secara online

Dunia fotografer tentu nilai jualnya bukan hanya di bidang jasa dokumentasi seperti prewedding, foto wedding, ulang tahun dan sebagainya. tapi juga hasil atau karyanya pun bisa menjadi daya jual yang menggiurkan dipasaran terutama dipasaran online atau internet. Jika sobat adalah hanya seorang penghobi fotografi maka jadikan hobi tersebut menjadi bernilai uang atau income karena sia-sia rasanya jika foto-foto hasil jepretan sobat hanya sebagai penghias di hardisk dan tidak bernilai apa-apa lagi.

Salah satu cara menghasilkan income/uang dengan foto-foto yang sudah sobat buat adalah menjualnya secara online di situs-situs microstock. yaitu dengan cara mengaupload semua foto hasil karya sobat dan membuat portofolio dengan maksud memajangkannya untuk menarik pembeli.

Apa itu situs microstock?

Situs microstock adalah situs yang menampung ribuan bahkan jutaan foto dari ribuan fotografer didunia untuk dipasarkan/dijual kepada konsumen untuk di gunakan di berbagai kebutuhan, misalkan digunakan untuk iklan di internet, tv dan lain-lain.

Ada banyak situs-situs microstock baik dalam negeri maupun luar negeri, beberapa situs memberlakukan seleksi kualitas gambar yang ketat, sehingga hanya fotografer profesional dengan gear/peralatan yang pro saja yang bisa lolos. Namun jangan khawatir karena ada juga situs microstock yang tidak terlalu ketat dengan kulitas gambar asal foto menarik dan fokus/tidak blur.


Berikut beberapa situs microstock yang bisa sobat coba untuk berjualan foto secara online disana.

1. Shutterstock


Mendapatkan penghasilan dengan menjual foto secara online
Shutterstock

Shutterstock adalah agen microstock yang terkenal dan mempunyai pangsa pasar yang luas, ketika kita meng-upload foto ke marketplace di situs ini maka kita tetap sebagai pemegang hak cipta dalam artian konsumen bisa menggunakan foto kita apabila mereka membeli gambar tersebut dari kita atau istilahnya free royalti

kita memperoleh 30% keuntungan dari setiap foto yang berhasil terjual, untuk saat ini kisaran $0.25 sampai $28 per penjualan. Alat pembayaran bisa dengan paypal, payoneer dan skrill. 

untuk mendaftar di shutterstock klik disini

2. Alamy


Mendapatkan penghasilan dengan menjual foto secara online
Alamy

Ada alasan mengapa Alamy memiliki 100 juta lebih gambar dan video untuk dijual disitusnya, itu karena mereka menawarkan 50% royalti kepada fotografer untuk setiap foto yang berhasil terjual. situs ini juga memungkinkan para fotografernya untuk menjual foto mereka ditempat lain/disitus lain(tidak menuntut ekslusivitas). 
ini yang membuat Alamy menjadi marketplace terbesar didunia untuk stock foto

Alamy memiliki pengunjung yang luar biasa besar disetiap bulannya, dan semua itu adalah potensi yang sangat bagus untuk sobat menjual foto disana, klik disini untuk mendaftar di Alamy.

3. 123rf


Mendapatkan penghasilan dengan menjual foto secara online
123RF

123rf memiliki lebih dari 80 juta file yang ditawarkan dengan tambahan setengah juta tambahan setiap minggunya, pembagian royalti bervariasi antara 30%-60% tergantung dari tingkat kontribusi kita, ini berarti semakin banyak foto yang sobat upload maka semakin tinggi pula nilai royalti yang didapat.


jika sobat meng-upload kurang dari 250 gambar maka sobat akan mendapat 30% yang setara dengan $0.216 per download. jika sobat meng-upload lebih dari 1 juta foto maka sobat akan mendapat 60% yang setara dengan $0.432 per download. Tertarik??? klik disini untuk mendaftar.

4. Dreamstime


Mendapatkan penghasilan dengan menjual foto secara online
Dreamstime

Dreamstime adalah situs microstock yang mempunyai reputasi yang bagus, mereka mengecek setiap foto yang di upload sesuai dengan standar mereka secara teknis, etika dan komersial sehingga menjamin kualitas.


Setelah foto sobat direview dan disetujui maka sobat akan menerima royalti sebesar 25%-50% dan bisa sampai 60% jika sobat menandatangani kontrak eksklusivitas(sobat hanya menjual foto disitus dreamstime saja dan tidak menjualnya disitus lain), bahkan jika sobat menyepakati kontrak eksklusivitas maka ada bonus $0.20 untuk setiap gambar yang di approve. menarik bukan? klik disini untuk mulai daftar dan meng-upload gambar.


Nah itulah beberapa situs microstock yang memungkinkan sobat untuk menjual foto disitus-situs tersebut, namun perlu diperhatikan setiap situs mempunyai standarisasi masing-masing sehingga bisa saja mudah untuk berjualan di situs-situs tersebut atau pun sangat sulit karena seperti yang saya sebutkan tadi semua situs tersebut mempunyai standar untuk masing-masing foto yang mereka terima. jadi jika foto sobat ditolak, maka coba lagi dengan foto yang sesuai dengan standar mereka.

Selamat mencoba..!!!

Baca juga Tips membuat "Smoke photography"  


Contact Form

Name

Email *

Message *

Featured Post

Mendapatkan penghasilan dengan menjual foto secara online

Mendapatkan penghasilan dari internet dapat dilakukan dengan berbagai cara, dari yang mudah dan bisa dilakukan oleh siapapun, sampai yang m...