Tips Memotret Dengan Smartphone

Tips Memotret Dengan Smartphone
Tips Memotret Dengan Smartphone - Bagi penghobi fotografi mempunyai DSLR memang seperti menjadi sebuah kewajiban, karena demi menyalurkan hobi. Namun dijaman yang serba modern ini dimana teknologi berkembang sangat pesat dari tahun ke tahun, dimana banyak vendor-vendor smartphone yang membenamkan kamera dengan resolusi tinggi ke smartphone andalan mereka, maka bisa jadi dengan smartphone saja sudah bisa menghasilkan gambar yang mungkin setara dengan hasil jepretan DSLR.

nah bagi sobat yang kebetulan masih belum memiliki DSLR untuk memotret, saya sarankan untuk tetap memotret dengan menggunakan smartphone yang sobat miliki, karena saya yakin saat ini hampir semua orang apalagi anak muda pasti sudah memiliki smartphone, nah sambil sobat nabung untuk membeli DSLR hehe... tidak ada salahnya sobat memulai mengasah skill sobat untuk memotret dengan menggunakan smartphone.

berikut beberapa tips yang bisa saya share tentang memotret menggunakan smartphone :

1. Pegang handphone dengan kuat/stabil

ini penting karena semakin stabil tangan memegang smartphone maka itu akan membuat hasil jepretan lebih bagus, usahakan tangan sobat mempunyai sandaran saat memotret misal, disandarkan di pohon, meja dan lain-lain. ini bertujuan sama yakni untuk mengurangi guncangan pada tangan.

2. cahaya mencukupi

sensor kamera smartphone mungkin bagus, tapi tidak akan sebagus sensor DSLR dalam memotret dengan kondisi kurang cahaya, jadi pastikan objek foto yang akan anda potret itu mempunyai pencahayaan yang cukup, penggunaan flash mungkin bisa menjadi solusi namun flash kamera smartphone terbatas pada jarak 1 atau 2 meter. 

3. Jangan gunakan zoom

jika ingin memelihara kualitas foto maka ketika memotret jangan sekali-sekali menggunakan zooming  karena zooming akan menurunkan kulitas/resolusi foto secara keseluruhan, jika memang tampilan foto harus dekat maka mendekatlah ke objek ini akan lebih baik ketimbang anda melakukan zoom-ing.

4. Gunakan resolusi tertinggi

sebelum memotret pastikan untuk menge-cek settingan kamera, untuk memastikan kamera menggunakan settingan terbaik, setiap kamera smartphone memiliki pilihan resolusi maka gunakan resolusi terbaik/tertinggi.

5. jangan terburu-buru

Biasanya smartphone agak lelet dalam pengambilan gambar bila dibandingkan DSLR, maka ketika pengambilan gambar pastikan kamera selesai mengambil gambar secara sempurna baru sobat lihat hasilnya. kita harus memahami bahwa kamera smartphone biasanya mengalami shutter lag yakni waktu jeda antara kita memencet dan saat kamera mulai mengambil gambar, jadi jika terburu-buru dan tidak tenang dalam pengambilan gambar maka sudah pasti gambar yang dihasilkan tidak akan maksimal, blur bahkan tidak jelas.

6. Edit secukupnya

setelah pengambilan gambar selesai, lakukan editting secukupnya jangan berlebihan. sekarang banyak sekali aplikasi editor foto yang bagus untuk smartphone android maupun IOS.

Mungkin itu saja beberapa tips sederhana yang bisa saya share diartikel ini, salam jepret

Baca juga Tips membuat foto benda melayang diatas tangan tanpa edit

Contact Form

Name

Email *

Message *

Featured Post

Mendapatkan penghasilan dengan menjual foto secara online

Mendapatkan penghasilan dari internet dapat dilakukan dengan berbagai cara, dari yang mudah dan bisa dilakukan oleh siapapun, sampai yang m...