Pentingkah Lensa Hood? Kenapa, Kapan dan bagaimana cara menggunakan Lensa Hood

Pentingkah Lensa Hood? Kenapa, Kapan dan bagaimana cara menggunakan Lensa Hood - halo semua sahabat fotografer salam bahagia selalu, berbicara masalah Lensa Hood, ada pertanyaan menarik yang seperti sepele tapi cukup penting efeknya dalam dunia fotografi, Pentingkah Lensa Hood? Kenapa, Kapan dan bagaimana cara menggunakan Lensa Hood? Oke, sebetulnya ada dua alasan utama kenapa kita harus menggunakan lensa hood.
Pentingkah Lensa Hood? Kenapa, Kapan dan bagaimana cara menggunakan Lensa Hood
Lense Hood

Pertama
, Untuk melindungi elemen depan lensa dari cahaya yang tidak di inginkan yang datang dari atas, samping dan depan dan mengakibatkan flare pada gambar, baik cahaya yang berasal dari matahari maupun dari sumber cahaya lainnya. mungkin ini adalah alasan paling umum dan paling utama kenapa para fotografer menggunakan Lensa Hood di lensa mereka. apabila di ilustrasikan secara sederahana, penggunaan lensa hood pada lensa mungkin sama halnya seperti kita menggunakan topi pada siang hari yang terik, tujuannya pasti untuk melindungi wajah dari terik matahari, terutama untuk melindungi mata supaya tidak terkena sinar matahari langsung karena dapat mengganggu penglihatan.
Pentingkah Lensa Hood? Kenapa, Kapan dan bagaimana cara menggunakan Lensa Hood
Perbandingan memotret mnggunakan hood dan tidak | sumber foto : steeletraining.com

Kedua
, Untuk melindungi lensa dari benturan yang tidak disengaja contohnya ketika memotret ditempat yang ramai, memotret ditempat yang sempit dan sebagainya. walaupun lensa sudah memiliki filter yang melindungi elemen depan lensa dari debu dan goresan namun alangkah baiknya jika kita tetap menggunakan lensa hood sebagai pelindung kedua. karena lensa anda adalah aset anda maka protect lensa anda untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan yang menyebabkan lensa anda rusak dan tidak dapat digunakan, yang pada ujungnya menghentikan kreatifitas anda.

Lensa Hood tidak hanya melindungi lensa dari cahaya yang tidak diinginkan tapi juga melindungi lensa dari benturan fisik. seorang fotografer profesional "PHIL STEELE" bahkan menyarankan agar menggunakan lensa hood di semua kondisi baik pemotretan indoor, outdoor, night shoot dan lain sebagainya.

Namun ada beberapa situasi dimana lensa hood seharusnya tidak digunakan.

Pertama, situasi dimana anda menginginkan efek flare pada foto anda agar terlihat lebih artistik,
yang kedua, situasi ketika anda tidak ingin terlihat mencolok ketika membuat foto candid di jalanan dengan objek orang/manusia yang berlalu lalang di jalanan ramai tanpa diketahui oleh orang tersebut. jika lensa hood digunakan mungkin orang akan sadar kalau kamera sedang mengarah kepadanya dan bisa membuat orang tersebut tidak nyaman.

Pentingkah Lensa Hood? Kenapa, Kapan dan bagaimana cara menggunakan Lensa Hood
efek flare pada foto | sumber foto : steeletraining.com

ketiga
, jika anda menggunakan built-in flash dimana flash tersebut sangat dekat dengan lensa dan lensa hood menyebabkan bayangan ke objek yang anda foto maka sebaiknya hindari penggunaan lensa hood.

Banyak dari fotografer pemula yang baru mengenal kamera mungkin bingung dan bertanya-tanya, kenapa design/bentuk dari lensa hood berbeda-beda, atau lensa hood yang mana yang harus di beli.

Tidak usah khawatir karena jawabannya sangat simple, setiap lensa hanya memiliki satu bentuk lensa hood yang memang sudah di design dan di sesuaikan dengan kebutuhan lensa tersebut, jadi setiap lensa sudah memiliki lensa hoodnya masing-masing/sudah menjadi satu paket, walaupun pada realita nya misalkan lensa dan lensa hoodnya dijual secara terpisah.

kenapa design lensa hood berbeda-beda? itu karena bentuk setiap lensa hood sudah disesuaikan/dioptimalkan berdasarkan panjang focal length dari setiap lensanya.

basically lensa hood mempunyai dua bentuk, yang pasti anda juga sudah tau karena sangat familiar,
bentuk pertama adalah hood pedal style atau hood flower style lensa hood ini diperuntukan untuk lensa wide angle.
Pentingkah Lensa Hood? Kenapa, Kapan dan bagaimana cara menggunakan Lensa Hood
lense hood flower style

bentuk kedua hood tube style, lensa hood dengan bentuk seperti tabung ini diperuntukan untuk lensa tele dengan range focal length 70-200mm atau 70-300mm.
Pentingkah Lensa Hood? Kenapa, Kapan dan bagaimana cara menggunakan Lensa Hood
Tube style


Mungkin itu saja pemaparan sedikit tentang Lensa Hood

Contact Form

Name

Email *

Message *

Featured Post

Mendapatkan penghasilan dengan menjual foto secara online

Mendapatkan penghasilan dari internet dapat dilakukan dengan berbagai cara, dari yang mudah dan bisa dilakukan oleh siapapun, sampai yang m...