The Power Of Kit Lense(Lensa Kit) 18-55mm

The Power Of Kit Lense(Lensa Kit) -  Para fotografer yang budiman, sering kali kita menyepelekan kualitas lensa kit(lensa bawaan ketika kita membeli kamera), padahal seorang fotografer yang handal adalah seorang fotografer yang bisa memaksimalkan fungsi kameranya dengan baik sehingga tercipta sebuah gambar yang bagus, terlepas kamera tersebut menggunakan lensa mahal atau pun lensa murah. 
The Power Of Kit Lense(Lensa Kit) 18-55mm
lensa kit 18-55mm
Mahal murahnya kamera atau lensa tidak menjadi tolak ukur bagus tidaknya gambar yang dihasilkan, ada orang yang menggunakan kamera dengan lensa bawaan(kit lense) tapi menghasilkan gambar yang menarik dan bagus, ada juga orang yang menggunakan kamera mahal dengan lensa yang mahal pula tapi hasil gambarnya biasa - biasa saja.

bagi orang yang mempunyai budget yang tak terbatas membeli kamera mahal dengan lensa yang mahal pula mungkin menjadi standar bagi dirinya untuk menjadi seorang fotografer. Namun, bagi orang yang memiliki budget terbatas sudah memiliki kamera saja sudah menjadi suatu kebahagiaan karena bisa menyalurkan hobi dan passion lebih jauhnya menghasilkan income dari hobi tersebut.

dalam dunia fotografi seorang fotografer akan dilihat karyanya bukan gear-nya(peralatan yang digunakan), bahkan seorang fotografer akan mendapat apresiasi dari karyanya tersebut, sekali lagi KARYA nya bukan kamera atau lensanya.

baiklah bagi kalian semua yang terus berkarya dengan kameranya, berikut ada sedikit tips dan penjelasan mengenai kit lense atau lensa kit yang biasanya memiliki aperture range 18-55mm.

Ketahui Bukaan Lensa!!
Mungkin ada yang sudah mengetahuinya, tapi mungkin juga ada yang belum, angka bukaan sebuah lensa biasanya tertera di depan lensanya. untuk lensa kit 18-55mm biasanya tertulis 3.5-5.6, pertanyaannya, apa arti angka tersebut??

The Power Of Kit Lense(Lensa Kit) 18-55mm
lensa kit 18-55mm f/3.5-5.6

Arti dari angka 3.5-5.6 adalah aperture terluas yang dapat digunakan lensa kita di masing-masing focal lengths, basically itu artinya jika kita memotret di 18mm bukaan yang paling besar yang dapat kita gunakan adalah di f3.5 , kemudian jika kita zoom in dan memotret di 55mm maka bukaan terbesar yang dapat kita gunakan adalah f5.6 dan kita kehilangan 2 stops lighting (pencahayaan) akibatnya foto akan sedikit gelap jika kita memotret di 55mm tanpa di imbangi settingan ISO. ini hal penting yang harus di fahami.


Usahakan Lensa Tetap Stabil
Jika diperhatikan hampir semua lensa kit yang dikeluarkan oleh pabrikan saat ini memiliki Vibration Control(VC) atau Vibration Reduction(VR) di lensa nikon atau Image Stabilizer(IS) di lensa canon atau Optical Stabilization(OS) dan lain-lain tergantung dari merk lensanya, yang fungsinya tidak lain adalah untuk menstabilkan kamera dari goncangan supaya gambar tidak blur dan tetap fokus. Vibration Control ini akan sangat membantu ketika kita memotret menggunakan focal length panjang seperti 55mm atau di atasnya, jadi saya sarankan gunakan selalu fitur ini ketika memotret, apalagi memotret tanpa menggunakan tripod fitur ini sangat membantu dalam menstabilkan kamera.

Focal Length mana yang harus digunakan?
berbicara masalah focal length dari 18-55mm focal length mana yang bagus yang harus digunakan? ini mungkin pertanyaan simpel, karena dari rentang 18mm sampai 55mm itu semua bisa digunakan dan bisa menghasilkan gambar yang bagus jika kita sudah tahu settingan terbaiknya, dan jangan lupa semua bergantung pada daya kreatifitas kita sebagai fotografer. contoh, misalkan kita ingin membuat foto landscape  dengan angle yang sangat lebar maka idealnya gunakan 18mm, kemudian jika kita ingin membuat foto potrait maka gunakan focal length 55mm.

Macro (baca juga Tips dan Trik membuat foto makro)
di lensa kit 18-55mm terdapat simbol macro dan angka disampingnya yang mengindikasikan jarak fokus minimal pada lensa tersebut yang cukup dekat yakni 0.25 meter atau 25 cm yang berarti ini bisa digunakan untuk foto macro atau close up fotografi.
The Power Of Kit Lense(Lensa Kit) 18-55mm
Tanda Macro

So, lensa kit ini bisa kita gunakan untuk memotret dan menghasilkan karya, dengan lensa ini bisa membuat Potrait fotografi, Landscape fotografi dan makro atau close up fotografi, jadi jangan pernah sepelekan lensa kit 18-55mm ini karena saya yakin fotografer yang hebat pun pernah menggunakan lensa kit ini.


Baca juga Tips Memotret Dengan Smartphone

Contact Form

Name

Email *

Message *

Featured Post

Mendapatkan penghasilan dengan menjual foto secara online

Mendapatkan penghasilan dari internet dapat dilakukan dengan berbagai cara, dari yang mudah dan bisa dilakukan oleh siapapun, sampai yang m...