Mengganti seal dan oli shock upside down xabre



Mengganti seal dan oli shock upside down xabre
Sumber : Youtube
Mengganti oli shock upside down xabre - Motor Yamaha Xabre 150cc adalah salah satu jajaran motor sport yamaha yang ber-tipe naked bike dengan kaki-kaki depan yang gagah karena menggunakan shock upside down besutan Kayaba dengan diameter batang/piston nya 37mm memang tidak sebesar shock byson yang berdiameter 41mm, namun yakin kegagahannya boleh diadu apalagi dengan balutan warna emas menambah feel bigbike nya.

Namun, hehe... ada namun nya nih, kekurangan utama dari penggunaan upside down ini adalah ketika seal olinya sudah tidak mencengkram alias longgar alias bocor karena ketika seal olinya bocor atau sudah longgar maka oli shocknya keluar dengan deras nya bro,terutama di shock sebelah kanan, karena shock kanan olinya lebih banyak. 

Upside down xabre ini menggunakan teknologi Sparated Function Fork (SFF) yang artinya shock kiri dan yang kanan beda fungsi, beda komponen dan beda takaran oli shock. maka agak hati2 dalam penggantian oli shock karena takarannya harus diperhatikan jika tidak ingin motor anda jadi agak beda feel nya ketika selesai ganti oli shock atau ganti seal.

Kalau takaran oli nya beda dengan takaran dafaultnya maka bisa dipastikan tidak akan enak ketika xabre ditunggangi, kenapa?  karena jelas takaran oli sangat mempengaruhi kinerja shock depan dalam meredam getaran. lalu pertanyaanya berapa takaran oli shock depan xabre? 

Mengganti seal dan oli shock upside down xabre
Shock Xabre dibongkar


Pertanyaan itu juga yang saya tanyain ke mekanik yamaha di bengkel tapi mereka hampir semua tidak tahu karena belum pernah ada yang bongkar USD nya Xabre, setelah saya searching dan nanya kesana kemari akhirnya dapatlah takaran oli untuk shock USD xabre yakni ukuran/takaran oli untuk shock sebelah kiri adalah 330ml sedangkan yang kanan adalah 375ml.

Mengganti seal dan oli shock upside down xabre
Shock Kanan Xabre

kok beda? ya iya lah kan menggunakan teknologi SFF tadi (Sparated Function Fork) yang artinya shock kiri dan kanan beda fungsi dan komponennya. yang kiri itu hanya berisi angin dan sedikit oli sedangkan yang kanan olinya penuh alias banyak.

Takaran oli shock depan xabre saya memang agak sedikit kebanyakan bro yakni yang kiri 340ml dan yang kanan 380ml artinya tidak sesuai dengan ukuran bawaan pabrik, akibatnya apa? shock depannya makin keras mas bro, tapi  mudah-mudahan tidak berkibat buruk buat xabre saya.

itu saja mungkin hal yang dapat saya share ke kalian mudah-mudahan bermanfaat jadi referensi buat kalian semua.





jangan lupa baca juga : Tips Memotret Embun Pagi

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Mengganti seal dan oli shock upside down xabre"

Post a Comment