Perbedaan Sensor Full Frame dan Sensor APS-C, mana yang terbaik?

Perbedaan Sensor Full Frame dan Sensor APS-C
Sensor Fullframe dan sensor APS-C (Photo by canon-europe.com) 



Sensor kamera adalah komponen penting dalam kamera digital yang bertanggung jawab untuk mengubah cahaya yang masuk ke dalam kamera menjadi gambar digital. Ada dua jenis sensor yang paling umum digunakan dalam kamera digital, yaitu full-frame dan APS-C. Perbedaan antara kedua sensor ini mempengaruhi kualitas gambar yang dihasilkan, sehingga penting untuk memahami perbedaan ini sebelum memilih kamera yang tepat untuk kebutuhan fotografi Anda.


Ukuran Sensor

Perbedaan paling jelas antara sensor full-frame dan APS-C adalah ukuran fisiknya. Sensor full-frame memiliki ukuran yang sama dengan film 35mm, yaitu sekitar 36 x 24mm, sedangkan sensor APS-C lebih kecil, biasanya sekitar 22 x 15mm. Karena ukurannya yang lebih besar, sensor full-frame dapat menangkap lebih banyak cahaya dan detail daripada sensor APS-C.


Kualitas Gambar

Karena ukurannya yang lebih besar, sensor full-frame dapat menghasilkan gambar yang lebih baik daripada sensor APS-C dalam hal detail, kejernihan, dan kualitas keseluruhan. Ini karena sensor full-frame memiliki piksel yang lebih besar dan lebih banyak cahaya dapat masuk ke setiap piksel, menghasilkan gambar yang lebih tajam dan berkualitas tinggi.


Depth of Field

Sensor full-frame memiliki depth of field yang lebih sempit daripada sensor APS-C, yang berarti bahwa daerah yang fokus dalam gambar akan lebih sempit. Ini berarti bahwa background gambar akan lebih kabur dengan sensor full-frame daripada dengan sensor APS-C. Bagi fotografer yang ingin membuat efek bokeh atau memisahkan subjek dari background, sensor full-frame adalah pilihan yang lebih baik.


Harga

Karena ukurannya yang lebih besar dan kualitas gambar yang lebih baik, sensor full-frame lebih mahal daripada sensor APS-C. Ini berarti bahwa kamera dengan sensor full-frame biasanya memiliki harga yang lebih tinggi daripada kamera dengan sensor APS-C. Namun, kamera dengan sensor APS-C lebih terjangkau dan masih dapat menghasilkan gambar yang berkualitas tinggi.


Kesimpulannya, sensor full-frame dan APS-C memiliki perbedaan dalam ukuran fisik, kualitas gambar, depth of field, dan harga. Sensor full-frame adalah pilihan yang lebih baik bagi fotografer profesional atau hobi yang menginginkan gambar yang berkualitas tinggi dan efek bokeh yang lebih dramatis. Namun, kamera dengan sensor APS-C masih dapat menghasilkan gambar yang berkualitas tinggi dengan harga yang lebih terjangkau untuk fotografer yang lebih pemula atau untuk penggunaan sehari-hari.

0 Response to "Perbedaan Sensor Full Frame dan Sensor APS-C, mana yang terbaik?"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel